Dalam menumbuhkan lifeskill dan kemandirian ekonomi generasi muda gen-z di Kota Tanjung Balai, tim program kemitraan masyarakat (PKM) Universitas Negeri Medan melakukan pembinaan melalui program lifeskill bootcamp dengan memanfaatkan pelepah pohon nipah menjadi kerajinan tangan. Pembinaan ini dilakukan pada tanggal 17-18 Mei 2023 di Aula SMK Negeri 5 Kota Tanjung Balai.
Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini terdiri dari Dra. Rosdiana, M.Pd sebagai ketua, serta Mahfuzi Irwan, S.Pd, M.Pd., Drs. Anam Ibrahim, M.Pd., dan Muhammad Takwin Machmud, S.Pd, M.Pd sebagai anggota.
Dalam pembukaan acara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin. Kegiatan ini disambut baik oleh seluruh pihak yang terlibat, mulai dari Walikota Tanjung Balai H. Waris Tholib, S.Ag, M.M beserta staff, tim program kemitraan masyarakat (PKM) yang diketuai oleh Dra. Rosdiana, M.Pd., kepala sekolah SMK Negeri 5 Tanjung Balai Maya Wardani, S.Pd., Komunitas Pembinaan Generasi Muda (KOPEMDA) Kota Tanjung Balai yang diketuai oleh Aulia Rachman Hasibuan, S.Pd dan puluhan peserta generasi muda yang terlibat. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Walikota Tanjung Balai.
Dalam pembukaannya, Dra. Rosdiana, M.Pd selaku ketua PKM menyampaikan “dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para generasi muda gen-z dapat memiliki life skill yang berdampak pada kehidupannya dengan memanfaatkan pelepah nipah yang tersebar di sekitar lingkungannya dengan harapan nantinya nilai jual kerajinan berbahan dasar pelepah nipah ini bukan hanya terjual didalam negeri melainkan juga sampai ke luar negeri sehingga Tanjung Balai dapat dikenal hingga ke pasar Internasional,” ujar Dra. Rosdiana, M.Pd.
Menanggapi dengan positif terhadap yang disampaikan oleh Dra. Rosdiana, M.Pd, Walikota Tanjung Balai mengucapkan terimakasih atas program yang dilakukan dengan tersirat secercah harapan kepada pemuda Tanjung Balai untuk dapat berkontribusi penuh kepada Negeri, karena ditangan pemuda lah digantungkan sebuah harapan.
Hal ini didukung penuh oleh Komunitas Pembinaan Generasi Muda (KOPEMDA) Kota Tanjung Balai, “melalui program ini, komunitas pembinaan generasi muda sangat terbantu untuk mewujudkan tujuan dari KOPEMDA sendiri agar dapat mengembangkan kemampuan para generasi muda terkhusus di Kota Tanjung Balai yang mendukung salah satu progja Walikota”, ujar Aulia Rachman selaku ketua KOPEMDA.
Kegiatan ini direalisasikan dengan pembekalan materi oleh 3 narasumber yang dilakukan didalam Aula, yang kemudian dilanjut dengan pengaplikasian secara langsung dengan bimbingan instruktur terhadap pembuatan kerajinan tangan yang beragam bentuknya dengan memanfaatkan pelepah nilah yang di arena bootcamp yang sudah disediakan berbasis outdoor di lapangan SMK Negeri 5 Tanjung Balai dengan tujuan agar lebih mempermudah dalam pengerjaan.
Diharapkan dengan adanya pembinaan generasi muda gen-z melalui program life skill bootcamp dengan pemanfaatan pelepah pohon nipah dapat menumbuhkan life skill dan kemandirian ekonomi pemuda di Kota Tanjung Balai.
Author

Write A Comment

SLOT7777SLOT88SLOT THAILANDhttps://server-thailand.pa-kualakurun.go.idhttps://info-rtp-slot.pa-kualakurun.go.idhttps://sinmas.malukutenggarakab.go.id/cache/slot-thailand/https://www.esurat.malukutenggarakab.go.id/cache/slot88/https://sinmas.malukutenggarakab.go.id/cache/slot88/https://www.esurat.malukutenggarakab.go.id/cache/slot-thailand/https://ppid.mahakamulukab.go.id/server/https://ppid.mahakamulukab.go.id/cache/slot/https://ppid.mahakamulukab.go.id/cache/slot88/