RUMUSAN PROFIL LULUSAN, CAPAIAN PEMBELAJARAN, KOMPETENSI INTI, BIDANG KAJIAN | |||
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MASYARAKAT FIP UNIMED | |||
1. PROFIL LULUSAN | |||
Menjadi tenaga pendidik dan pengelola Pendidikan Masyarakat yang memiliki kemampuan: | |||
1. Menyelenggarakan program pembelajaran Pendidikan Masyarakat dan pengembangan masyarakat melalui pelibatan aktif masyarakat dalam mencari solusi masalah-masalah sosial | |||
2. Mendiagnosis kebutuhan belajar masyarakat dan sumber belajar | |||
3. Merancang, menilai, atau menjadi konsultan program pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat | |||
4. Menyiapkan dan mengembangkan bahan belajar dan teknik-teknik pembelajaran, serta mengorganisir program-program Penmas, dan | |||
5. Mengembangkan dan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan dan kemandirian berusaha (entrepreneurship) | |||
2. DESKRIPSI GENERIK, CAPAIAN PEMBELAJARAN, KOMPETENSI INTI DAN BAHAN KAJIAN | |||
Learning Outcome | Kompetensi | Bidang Kajian | Mata Kuliah |
1. Mampu menguasai berbagai konsep dan teori human behavioral science, dan teori pendidikan terutama andragogi, pedagogi sosial, pedagogi kritis, dan pendidikan sepanjang hayat agar mampu berperan sebagai pendidik dan pengelola bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal lainnya serta pendidikan informal. | 1. Menguasai berbagai teori dan konsep human behavioral sciences, terutama andragogi, pedagogi sosial, pedagogi kritis, dan pendidikan sepanjang hayat agar mampu berperan sebagai pendidik dan pengelola dalam bidang pelatihan, penyuluhan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal lainnya serta pendidikan informal. | Filsafat Pendidikan | 1. Andragogi 2. Pendidikan Seumur Hidup 3. Ilmu Pendidikan 4. Filsafat Pendidikan 5. Filsafat Pendidikan Masyarakat 6. Profesi Kependidikan 7. Perkembangan Peserta Didik 8. Konsep Dasar Pendidikan Masyarakat 9. Bahasa Inggris 10. Agama 11. Pendidikan Kewarganegaraan 12. Pendidikan Bahasa Indonesia 13. Dasar-dasar BK, PAUD, dan PGSD 14. Pendidikan Pancasila |
2. Menerapkan konsep human behavioral sciences, terutama andragogi, pedagogi sosial, pedagogi kritis, dan pendidikan sepanjang hayat agar mampu berperan sebagai pendidik dan pengelola dalam bidang pelatihan, penyuluhan, pemberdayaan masyarakat, dan pendidikan nonformal lainnya serta pendidikan informal. | Dasar-dasar ilmu pendidikan | ||
2. Mampu mengaplikasikan prinsip, azas, pendekatan, strategi dan metode sosial education and andragogy dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang penyuluhan, pelatihan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal lainnya serta pendidikan informal. | 1. Menerapkan prinsip, azas, pendekatan, strategi dan metode sosial andragogy untuk merencanakan program pelatihan, penyuluhan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal lainnya serta pendidikan informal. | Perencanaan Program | 1. Assesment Hasil Pembelajaran Masyarakat 2. Perencanaan Program 3. Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Program PLS 4. Model Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat 5. Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Masyarakat 6. Analisis Kebutuhan Belajar Masyarakat 7. Penyuluhan Pembangunan Masyarakat 8. Analisis Model Pelatihan * 9. Evaluasi Pelatihan * 10. Desain Pelatihan * 11. Analisis Kebutuhan Pelatihan * |
2. Melaksanakan program pelatihan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan non formal lainnya serta pendidikan informal berdasarkan prinsip, azas, pendekatan, strategi dan metode sosial andragogy. | Pemberdayaan Masyarakat | ||
3. Melaksanakan evaluasi program pelatihan, penyuluhan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal lainnya serta pendidikan informal berdasarkan prinsip, azas, pendekatan, strategi dan metode sosial andragogy. | Evaluasi Program | ||
3. Mampu mengambil keputusan dan mengembangkan inovasi yang tepat berdasarkan analisis, informasi dan data, memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi secara mandiri dan kelompok dalam bidang pelatihan, penyuluhan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal lainnya serta pendidikan informal. | 1. Mampu mengambil keputusan strategik berdasarkan analisis, informasi dan data, memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternative solusi secara mandiri dan kelompok dalam bidang pelatihan, penyuluhan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal serta pendidikan informal | Statistika Sosial | 1. Dinamika Kelompok 2. Inovasi Pendidikan Masyarakat 3. Pekerjaan Sosial 4. Statistik Sosial 5. Perubahan Sosial 6. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Masyarakat 7. Pembelajaran Kreatif 8. Organisasi dan Struktur Sosial |
2. Mampu menerapkan gagasan inovatif kreatif dalam program pelatihan, penyuluhan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal lainnya serta pendidikan informal.pembelajaran dan pengembangan masyarakat | Inovasi Pendidikan | ||
4. Mampu bertangguna jawab pada program pelatihan kerja pada lembaga pemerintah dan swasta, penyuluhan serta program pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal lainnya serta pendidikan informal dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi secara professional dan akuntabel. | 1. Mampu memerankan fungsi sebagai motivator, komunikator, fasilitator, perancang, pengembang dan pelaksanaan program pelatihan, penyuluhan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal lainnya serta pendidikan informal secara professional dan akuntabel. | Manajemen SDM | 1. Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Masyarakat 2. Komunikasi Sosial 3. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Masyarakat 4. Manajemen Kelembagaan Penmas 5. Pendidikan Multiliterasi 6. Phatologi Sosial 7. Pengelolaan Pendidikan Keaksaraan** 8. Psikologi Sosial 9. Micro Teaching 10. Kepemimpinan 11. Pengelolaan PKH * 12. Pengelolaan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan* 13. Pengelolaan Pendidikan Kesetaraan * 14. Psikologi Pendidikan |
2. Mampu memanfaatkan dan mereview ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam pengelolaan program pelatihan, penyuluhan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal lainnya serta pendidikan informal berdasarkan prinsip, azas, pendekatan, strategi dan metode social andragogy | Literasi | ||
5. Memilih sumber daya dan memanfaatkannya secara efektif dan efisien dalam masalah Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat; | 1. Memiliki kemampuan menganalisis potensi sumber daya secara efektif dan efisien dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat | Analisis SDM dan SDA | 1. Antropologi Sosial 2. Pendidikan dan Pemberdayaan keluarga 3. Pendidikan Kewirausahaan 4. Sosiologi Masyarakat Desa dan Kota |
6. Mengendalikan atau melakukan pendampingan dalam Pembelajaran dan pengembangan masyarakat; | 1. Menganalisis kebijakan kebijakan yang terkait dengan pembangunan pendidikan | Analisis kebijakan pendidikan | 1. Analisis Kebijakan Pendidikan Masyarakat 2. Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat |
7. Mengkomunikasikan hasil riset bidang Pembelajaran dan Pengembangan masyarakat serta memanfaatkannya dalam pengembangan program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat | 1.Memiliki kemampuan metodologis (alur berpikir ilmiah, konten, redaksi, sistematika dan plagiasi) dalam melakukan riset pembelajran dan pengembangan masyarakat | Metodelogi Penelitian | 1. Seminar Pendidikan Masyarakat 2. Metodologi Penelitian 3. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Masyarakat 4. PLP 1 dan 2 5. KKN Dik* 6.Skripsi 7. Teori Penulisan Karya Ilmiah |
2.Menguasai konsep dan aplikasi ICT untuk memperoleh bahan informasi dan publikasi hasil-hasil penelitian dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat | ICT Literacy dan Media Sosial | ||
3. Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan Sumber-sumber Publikasi untuk pengembangan keilmuan dan implementasi dalam pembelajaran dan pengembangan masyarakat | Publikasi Ilmiah |