NO |
SMT |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
JLH |
MKU |
1 |
I |
1 UMD 48001 |
Kepemimpinan |
2 |
|
2 |
1 MDK 48001 |
Filsafat Pendidikan |
2 |
|
3 |
1 MDK 48002 |
Perkembangan Peserta Didik |
2 |
|
4 |
2FIP 48001 |
Ilmu Pendidikan * |
2 |
|
5 |
2FIP 48002 |
Pembelajaran Kreatif * |
2 |
|
6 |
3MAS 48001 |
Keterampilan Penerapan Konsep Penmas*** |
2 |
|
7 |
3MAS 48002 |
Dasar-Dasar BK *** |
2 |
|
8 |
3MAS 48003 |
Keterampilan Dasar Pendidikan SD *** |
2 |
|
9 |
3MAS 48004 |
Keterampilan Penerapan Konsep PAUD *** |
2 |
|
10 |
3MAS 48005 |
Filsafat Penmas |
2 |
|
11 |
3MAS 48006 |
Pendekatan Pembelajaran Penmas |
3 |
|
|
|
|
JUMLAH |
23 |
12 |
II |
1MDK 48003 |
Profesi Kependidikan |
3 |
|
13 |
1MDK 48004 |
Psikologi Pendidikan |
3 |
|
14 |
3MAS 48007 |
Pendidikan Seumur Hidup |
3 |
|
15 |
3MAS 48008 |
Analisis Kebutuhan Belajar Masyarakat |
3 |
|
16 |
3MAS 48009 |
Organisasi dan Struktur Sosial |
2 |
|
17 |
3MAS 48010 |
Komunikasi Sosial |
2 |
|
18 |
3MAS 48011 |
TIK dalam Pembelajaran Masyarakat |
2 |
|
19 |
3MAS 48012 |
Kapita Selekta Pendidikan Masyarakat |
3 |
|
20 |
3MAS 48013 |
Pendidikan dan Pemberdayaan Keluarga |
2 |
|
|
|
|
JUMLAH |
23 |
21 |
III |
3MAS 48014 |
Antropologi Sosial |
2 |
|
22 |
1MKU 48014 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
|
23 |
1MKU 48001 |
Agama (Islam, Protestan & Katolik) |
3 |
|
24 |
3MAS 48015 |
Pendidikan Multi Literasi |
2 |
|
25 |
3MAS 48016 |
Bahasa Inggris |
3 |
|
26 |
3MAS 48017 |
Dinamika Kelompok |
3 |
|
27 |
3MAS 48018 |
Psikologi Sosial |
2 |
|
28 |
3MAS 48019 |
Teori Penulisan Karya Ilmiah |
3 |
|
29 |
3MAS 48020 |
Analisis Kebijakan Pendidikan Masyarakat |
2 |
|
30 |
3MAS 48021 |
Phatologi Sosial |
2 |
|
|
|
|
JUMLAH |
24 |
31 |
IV |
|
Pendidikan Pancasila |
2 |
|
32 |
|
PLP 1 |
1 |
|
33 |
|
Andragogi |
3 |
|
34 |
|
Perubahan Sosial |
2 |
|
35 |
|
Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Masyarakat |
3 |
|
36 |
|
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Masyarakat |
3 |
|
37 |
|
Pekerjaan Sosial |
3 |
|
38 |
|
Pendidikan Bahasa Indonesia |
2 |
|
39 |
|
Asesmen Hasil Pembelajaran Masyarakat |
3 |
|
40 |
|
Pengelolaan Pendidikan Keaksaraan** 1) |
2 |
|
41 |
|
Analisis Kebutuhan Pelatihan** 2) |
|
|
|
|
JUMLAH |
24 |
42 |
V |
|
Profesi Pendidik dan Kependidikan Penmas |
3 |
|
43 |
|
Perencanaan Program Pendidikan Masyarakat |
3 |
|
44 |
|
Manajemen Kelembagaan Pendidikan Masyarakat |
3 |
|
45 |
|
Inovasi Pendidikan Masyarakat |
3 |
|
46 |
|
Metodologi Penelitian Pendidikan |
3 |
|
47 |
|
Model Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat |
3 |
|
48 |
|
Sosiologi Masyarakat Desa dan Kota |
3 |
|
49 |
|
Pengelolaan Pendidikan Pemberdayaaan Perempuan** 1) |
2 |
|
50 |
|
Desain Pelatihan** 2) |
|
|
|
|
JUMLAH |
23 |
51 |
VI |
|
Micro Teaching |
2 |
|
52 |
|
Seminar Pendidikan Masyarakat |
3 |
|
53 |
|
Statistik Sosial |
3 |
|
54 |
|
Pendidikan Kewirausahaan |
3 |
|
55 |
|
Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Program Pendidikan Masyarakat |
3 |
|
56 |
|
Penyuluhan Pembangunan Masyarakat |
3 |
|
57 |
|
Pengelolaan Pendidikan Kecakapan Hidup** 1) |
2 |
|
58 |
|
Pengelolaan Pendidikan Kesetaraan** 1) |
|
59 |
|
Analisis Model Pelatihan** 2) |
2 |
60 |
|
Evaluasi Pelatihan** 2) |
|
|
|
|
JUMLAH |
21 |
61 |
VII |
|
KKN Dik **** |
3 |
|
62 |
|
PLP 2 |
3 |
|
|
|
|
JUMLAH |
6 |
63 |
VII |
|
Skripsi |
6 |
|
|
|
|
JUMLAH |
6 |
TOTAL SKS |
150 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
* |
Mata Kuliah Fakultas |
|
|
|
** 1) |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi (Konsentrasi Pemberdayaan Masyarakat) |
|
|
|
** 2) |
Mata Kuliah Pilihan Program Studi (Konsentrasi Pelatihan dan Pengembangan |
|
|
|
|
Sumber Daya Manusia) |
|
|
|
*** |
Mata Kuliah Lintas Prodi |
|
|
|
**** |
KKN Dik : dilaksanakan diakhir Semester 6 (dalam masa libur perkuliahan), kontrak |
|
|
|
|
kuliah semester 7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mata Kuliah Pilihan Pendidikan Masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
Konsentrasi Pemberdayaan Masyarakat ** 1) |
|
|
|
SKS |
|
Pengelolaan Pendidikan Keaksaraan |
|
|
|
2 |
|
Pengelolaan Pendidikan Pemberdayaaan Perempuan |
|
|
|
2 |
|
Pengelolaan Pendidikan Kecakapan Hidup |
|
|
|
2 |
|
Pengelolaan Pendidikan Kesetaraan |
|
|
|
2 |
|
Jumlah SKS |
8 |
|
|
|
|
|
|
|
Konsentrasi Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ** 2) |
|
|
|
SKS |
|
Training Need Analysis |
|
|
|
2 |
|
Desain Pelatihan |
|
|
|
2 |
|
Analisis Model Pelatihan |
|
|
|
2 |
|
Evaluasi Pelatihan |
|
|
|
2 |
|
Jumlah SKS |
8 |
|