1. Pendidik pada satuan Pendidikan Luar Sekolah atau Satuan Pendidikan Nonforma dan sekolah Menengah Kejuruan Pekerjaan Sosial (Pamong Belajar, Guru SMK Perawatan Sosial, Penilik)
  2. Sociopreneur Satuan PNF (Manager SatuanPNF, Konten Kreator, Pengusaha Bidang Pendidikan Luar Sekolah, Online Course, LKP, PKBM, Majelis Taklim, Satuan Pendidikan Sejenis)
  3. Penyuluh Pendidikan (Penyuluh KB, Penyuluh Koperasi)
  4. Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat
  5. Pendamping Desa/ Pendamping Keluarga Harapan/Pendamping Pemberdayaan Masyarakat

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai (S)

Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relegius dalam kehidupan perseorangan, masyarakat dan bangsa;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan rasional orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Menunjukkan sikap taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Meninternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik dalam kehidupan di masyarakat dan di negara;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri;
  10. Menginternalisasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan di tempat tugas dan di masyarakat;
  11. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yaitu kejujuran, kebebasan dan otonomi akademik yang diembannya;
  12. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat;
  13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;
  14. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;
  15. Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas sebagai pengembang Pendidikan Luar Sekolah ;
  16. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang penngembangan pendidikan masyarakat secara mandiri;
  17. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pelaksanaan tugas pengembangan Pendidikan Luar Sekolah

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan (P)

Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut:

  1. Memiliki pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, dan wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
  2. Memiliki pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
  3. Memiliki pengetahuan terkait dengan kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia dan English dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
  4. Menguasai pengetahuan terkait dengan pengembangan kemampuan berfikir kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual, kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
  5. Memiliki pengetahuan dasar-dasar Pendidikan Luar Sekolah sebagai kerangka utama dalam mempelajari dan menggunakan teori untuk pengembangan Pendidikan Luar Sekolah
  6. Memiliki kemampuan penguasaan pengetahuan terkait dengan integrasi keilmuan sebagai paradigma keilmuan;
  7. Menguasai prosedur mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan filosofi Pendidikan Luar Sekolah, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global;
  8. Menguasai pengetahuan terkait dengan pengelolaan lembaga/satuan PLS dan aktivitas PLS secara baik dalam aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan lembaga/satuan PLS dan aktivitas PLS;
  9. Menguasai pengetahuan terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan dan pengelolaan lembaga/satuan PLS, kepemimpinan dan kewirausahaan pada lembaga/satuan PLS secara tepat;
  10. Menguasai berbagai konsep, teori, dan model serta metodologi Pendidikan Luar Sekolah atau Pendidikan nonformal dan Informal dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (community development-community empowerment);
  11. Menguasai konsep, prinsip, dan isu terkini mengenai pathologi sosial di masyarakat
  12. Menguasai pendekatan partisipatif dan model pengorganisasian masyarakat (community organizing);
  13. Menguasai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif serta Participatory Action Research (PAR) dalam konteks penelitian Pendidikan Luar Sekolah.

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum (KU)

Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki kekerampilan umum sebagai berikut :

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang Pendidikan Luar Sekolah;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora pada program Pendidikan Luar Sekolah berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni yang inovatif.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaianpekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;
  10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
  11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
  12. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis(critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja.

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus (KK)

Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan teori dan konsep Pendidikan Luar Sekolah dalam praktek pengembangan masyarakat;
  2. Mampu melakukan mediasi, fasilitasi dan pendampingan masyarakat dalam program pemberdayaan dan pengembangan masyarakat;
  3. Mampu melakukan perencanaan, implementasi, mengelola dan mengevaluasi program Pendidikan Luar Sekolah dengan metode intervensi sosial pada level mezo dan makro;
  4. Mampu menganalisis dan mengevaluasi kebijakan Pendidikan Luar Sekolah dan merancang kembali kebijakan Pendidikan Luar Sekolah yang memberdayakan;
  5. Mampu mengidentifikasi, memahami dan menganalisis masalah masyarakat
  6. Membangun kemandirian masyarakat berbasis sumber daya alam, sumber daya individu, keluarga dan kelembagaan Pendidikan Luar Sekolah yang ada dalam masyarakat (assets-based community development);
  7. Mampu mendesain media popular sebagai alternatif model dalam memenuhi kebutuhan masyarakat;
  8. Mampu mengembangkan social enterpreneurship untuk mencapai kesejahteraan bersama dalam komunitas;
  9. Mampu memanfaatkan teknologi informasi sebagai media dalam proses pemberdayaan masyarakat;
  10. Mampu memproduksi dan memanfaatkan teknologi tepat guna (TTG) dalam menghasilkan alternatif ekonomi masyarakat;
  11. Mampu menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang Pendidikan Luar Sekolah dan orang dewasa;
  12. Mampu menyelesaikan masalah bidang Pendidikan Luar Sekolah dan orang dewasa melalui program pelatihan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal dan informal berdasarkan pendekatan, strategi dan metode pedagogi sosial dan andragogi.
  13. Mampu mengidentifikasi, menformulasikan, menganalisis, dan menemukan kebutuhan belajar dan sumber masalah bidang Pendidikan Luar Sekolah dan orang dewasa.
  14. Mampu membuat kurikulum, rancangan pembelajaran masyarakat, menerapkan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkahnya, dan mampu menerapkan keterampilan dasar mengajar
  15. Mampu membentuk dan mengarahkan masyarakat memanfaatkan potensi lokal dan SDM dalam tugas sebagai tenaga pendidik di bidang Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Luar Sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sosial

SEMESTER I

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

1

1UNM4901

Kepemimpinan

2

2

1MDK49001

Filsafat Pendidikan

2

3

1MDK49002

Perkembangan Peserta Didik

2

4

3MAS49001

Keterampilan Penerapan Konsep PLS***

2

5

3MAS49002

Dasar-Dasar BK ***

2

6

3MAS49003

Keterampilan Dasar Pendidikan SD ***

2

7

3MAS49004

Keterampilan Penerapan Konsep PAUD ***

2

8

3MAS49006

Pendekatan Pembelajaran PLS

3

9

3MAS48031

Profesi Pendidik dan Kependidikan PLS

3

Jumlah Beban Studi Semester I

20

SEMESTER II

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

1

1MDK49004

Profesi Kependidikan

3

2

1MDK49003

Psikologi Pendidikan

3

3

3MAS49014

Pendidikan Seumur Hidup

3

4

1MDK49015

Analisis Kebutuhan Belajar Masyarakat

3

5

3MAS49009

Struktur Sosial Budaya Masyarakat

2

6

3MAS49010

Komunikasi Sosial

2

7

3MAS49012

Kapita Selekta Pendidikan Luar Sekolah

2

8

3MAS49013

Pendidikan Perilaku Kesehatan Masyarakat

2

Jumlah Beban Studi Semester II

20

SEMESTER III

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

1

3MAS49032

Ilmu Pendidikan

2

2

3MKU49014

Pendidikan Kewarganegaraan

2

3

1MKU49001

Agama

2

4

3MAS49017

Pendidikan Multi Literasi

2

5

3MAS49018

Bahasa Inggris

2

6

3MAS49019

Dinamika Kelompok

3

7

3MAS49020

Psikologi Sosial

2

8

3MAS49033

Pembelajaran Kreatif

2

9

3MAS48042

Filsafat Pendidikan Luar Sekolah

2

10

3MAS49023

Phatologi Sosial

2

11

3MAS49011

Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam  Pembelajaran Masyarakat

2

Jumlah Beban Studi Semester III

23

SEMESTER IV

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

1

1MKU48006

Pendidikan Pancasila

2

2

1MKU48012

Pendidikan Bahasa Indonesia

2

3

3MAS48033

Manajemen Pelatihan dan Kelembagaan Pendidikan Luar Sekolah

3

4

3MAS48032

Perencanaan Program Pendidikan Luar Sekolah

3

5

3MAS40026

PLP 1

1

6

3MAS48023

Pendidikan Orang Dewasa

3

7

3MAS48025

Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah

3

8

3MAS48026

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Luar Sekolah

3

9

3MAS48027

Pekerjaan Sosial

2

Jumlah Beban Studi Semester IV

22

SEMESTER V

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

1

3MAS49005

Analisis Kebijakan Pendidikan Luar Sekolah

2

2

3MAS48042

Statistik Sosial

2

3

3MAS49021

Teori Penulisan Karya Ilmiah

2

4

3MAS48034

Inovasi Pendidikan Luar Sekolah

3

5

3MAS40035

Metode Penelitian Kuantitatif

3

6

3MAS40036

Metode Penelitian Kualitatif

3

7

3MAS49036

Sosiologi Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan

2

8

3MAS49037

Pengelolaan Pendidikan Keaksaraan ** 2)

3

 

3MAS49049

Pengelolaan Pendidikan Kesetaraan ** 2)

9

3MAS49039

Pengelolaan Pendidikan Pemberdayaaan Perempuan ** 1)

3

 

3MAS49013

Pendidikan dan Pemberdayaan Keluarga ** 1)

Jumlah Beban Studi Semester V

22

SEMESTER VI

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

1

3MAS48040

Micro Teaching

2

2

3MAS48041

Seminar Pendidikan Luar Sekolah

3

3

3MAS49022

Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah

3

4

3MAS48043

Pendidikan Kewirausahaan

3

5

3MAS48045

Penyuluhan Pembangunan Masyarakat

2

6

3MAS49008

Perubahan Sosial

2

7

3MAS48046

Pengelolaan Pendidikan Kecakapan Hidup

3

8

3MAS48048

Metode dan Teknik Pelatihan** 2)

3

 

3MAS48047

Metode dan Media Pembelajaran AUD**2)

9

3MAS48049

Metode dan Teknik PemberdayaanMasyarakat** 1)

3

 

 

Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat ** 1)

 

3MAS48049

Metode dan Teknik Pemberdayaan Masyarakat** 1)

Jumlah Beban Studi Semester VI

24

SEMESTER VII

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

1

MKIBS

KKN Dik ****

3

2

MKIBS

PLP 2

3

Jumlah Beban Studi Semester VII

6

SEMESTER VIII

No

Kode MK

Mata Kuliah (MK)

Bobot SKS

1

MKWBS

Skripsi

6

Jumlah Beban Studi Semester VIII

6

rogram Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Medan menerapkan Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) sebagai landasan dalam penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan masyarakat. Pendekatan OBE menekankan bahwa seluruh proses pembelajaran diarahkan untuk menghasilkan profil lulusan yang kompeten, relevan dengan kebutuhan masyarakat, dunia kerja, dan dinamika pembangunan sosial.

Sebagai bidang ilmu yang berfokus pada pendidikan sepanjang hayat, pemberdayaan komunitas, pelatihan kerja, dan pengembangan sosial, kurikulum PLS dengan pendekatan OBE memastikan bahwa setiap mata kuliah memberikan pengalaman belajar yang bermakna, kontekstual, dan aplikatif.