- Pendidik pada satuan Pendidikan Luar Sekolah atau Satuan Pendidikan Nonforma dan sekolah Menengah Kejuruan Pekerjaan Sosial (Pamong Belajar, Guru SMK Perawatan Sosial, Penilik)
- Sociopreneur Satuan PNF (Manager SatuanPNF, Konten Kreator, Pengusaha Bidang Pendidikan Luar Sekolah, Online Course, LKP, PKBM, Majelis Taklim, Satuan Pendidikan Sejenis)
- Penyuluh Pendidikan (Penyuluh KB, Penyuluh Koperasi)
- Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat
- Pendamping Desa/ Pendamping Keluarga Harapan/Pendamping Pemberdayaan Masyarakat
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai (S) |
Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut:
|
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan (P) |
Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut:
|
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum (KU) |
Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki kekerampilan umum sebagai berikut :
|
Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus (KK) |
Lulusan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:
|
SEMESTER I | |||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS |
1 | 1UNM4901 | Kepemimpinan | 2 |
2 | 1MDK49001 | Filsafat Pendidikan | 2 |
3 | 1MDK49002 | Perkembangan Peserta Didik | 2 |
4 | 3MAS49001 | Keterampilan Penerapan Konsep PLS*** | 2 |
5 | 3MAS49002 | Dasar-Dasar BK *** | 2 |
6 | 3MAS49003 | Keterampilan Dasar Pendidikan SD *** | 2 |
7 | 3MAS49004 | Keterampilan Penerapan Konsep PAUD *** | 2 |
8 | 3MAS49006 | Pendekatan Pembelajaran PLS | 3 |
9 | 3MAS48031 | Profesi Pendidik dan Kependidikan PLS | 3 |
Jumlah Beban Studi Semester I | 20 | ||
SEMESTER II | |||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS |
1 | 1MDK49004 | Profesi Kependidikan | 3 |
2 | 1MDK49003 | Psikologi Pendidikan | 3 |
3 | 3MAS49014 | Pendidikan Seumur Hidup | 3 |
4 | 1MDK49015 | Analisis Kebutuhan Belajar Masyarakat | 3 |
5 | 3MAS49009 | Struktur Sosial Budaya Masyarakat | 2 |
6 | 3MAS49010 | Komunikasi Sosial | 2 |
7 | 3MAS49012 | Kapita Selekta Pendidikan Luar Sekolah | 2 |
8 | 3MAS49013 | Pendidikan Perilaku Kesehatan Masyarakat | 2 |
Jumlah Beban Studi Semester II | 20 | ||
SEMESTER III | |||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS |
1 | 3MAS49032 | Ilmu Pendidikan | 2 |
2 | 3MKU49014 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
3 | 1MKU49001 | Agama | 2 |
4 | 3MAS49017 | Pendidikan Multi Literasi | 2 |
5 | 3MAS49018 | Bahasa Inggris | 2 |
6 | 3MAS49019 | Dinamika Kelompok | 3 |
7 | 3MAS49020 | Psikologi Sosial | 2 |
8 | 3MAS49033 | Pembelajaran Kreatif | 2 |
9 | 3MAS48042 | Filsafat Pendidikan Luar Sekolah | 2 |
10 | 3MAS49023 | Phatologi Sosial | 2 |
11 | 3MAS49011 | Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Masyarakat | 2 |
Jumlah Beban Studi Semester III | 23 | ||
SEMESTER IV | |||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS |
1 | 1MKU48006 | Pendidikan Pancasila | 2 |
2 | 1MKU48012 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 2 |
3 | 3MAS48033 | Manajemen Pelatihan dan Kelembagaan Pendidikan Luar Sekolah | 3 |
4 | 3MAS48032 | Perencanaan Program Pendidikan Luar Sekolah | 3 |
5 | 3MAS40026 | PLP 1 | 1 |
6 | 3MAS48023 | Pendidikan Orang Dewasa | 3 |
7 | 3MAS48025 | Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah | 3 |
8 | 3MAS48026 | Pengembangan Kurikulum Pendidikan Luar Sekolah | 3 |
9 | 3MAS48027 | Pekerjaan Sosial | 2 |
Jumlah Beban Studi Semester IV | 22 | ||
SEMESTER V | |||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS |
1 | 3MAS49005 | Analisis Kebijakan Pendidikan Luar Sekolah | 2 |
2 | 3MAS48042 | Statistik Sosial | 2 |
3 | 3MAS49021 | Teori Penulisan Karya Ilmiah | 2 |
4 | 3MAS48034 | Inovasi Pendidikan Luar Sekolah | 3 |
5 | 3MAS40035 | Metode Penelitian Kuantitatif | 3 |
6 | 3MAS40036 | Metode Penelitian Kualitatif | 3 |
7 | 3MAS49036 | Sosiologi Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan | 2 |
8 | 3MAS49037 | Pengelolaan Pendidikan Keaksaraan ** 2) | 3 |
| 3MAS49049 | Pengelolaan Pendidikan Kesetaraan ** 2) | |
9 | 3MAS49039 | Pengelolaan Pendidikan Pemberdayaaan Perempuan ** 1) | 3 |
| 3MAS49013 | Pendidikan dan Pemberdayaan Keluarga ** 1) | |
Jumlah Beban Studi Semester V | 22 | ||
SEMESTER VI | |||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS |
1 | 3MAS48040 | Micro Teaching | 2 |
2 | 3MAS48041 | Seminar Pendidikan Luar Sekolah | 3 |
3 | 3MAS49022 | Supervisi, Monitoring dan Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah | 3 |
4 | 3MAS48043 | Pendidikan Kewirausahaan | 3 |
5 | 3MAS48045 | Penyuluhan Pembangunan Masyarakat | 2 |
6 | 3MAS49008 | Perubahan Sosial | 2 |
7 | 3MAS48046 | Pengelolaan Pendidikan Kecakapan Hidup | 3 |
8 | 3MAS48048 | Metode dan Teknik Pelatihan** 2) | 3 |
| 3MAS48047 | Metode dan Media Pembelajaran AUD**2) | |
9 | 3MAS48049 | Metode dan Teknik PemberdayaanMasyarakat** 1) | 3 |
|
| Pengelolaan Sumber Belajar Masyarakat ** 1) | |
| 3MAS48049 | Metode dan Teknik Pemberdayaan Masyarakat** 1) | |
Jumlah Beban Studi Semester VI | 24 | ||
SEMESTER VII | |||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS |
1 | MKIBS | KKN Dik **** | 3 |
2 | MKIBS | PLP 2 | 3 |
Jumlah Beban Studi Semester VII | 6 | ||
SEMESTER VIII | |||
No | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot SKS |
1 | MKWBS | Skripsi | 6 |
Jumlah Beban Studi Semester VIII | 6 | ||
rogram Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Medan menerapkan Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) sebagai landasan dalam penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, dan pemberdayaan masyarakat. Pendekatan OBE menekankan bahwa seluruh proses pembelajaran diarahkan untuk menghasilkan profil lulusan yang kompeten, relevan dengan kebutuhan masyarakat, dunia kerja, dan dinamika pembangunan sosial.
Sebagai bidang ilmu yang berfokus pada pendidikan sepanjang hayat, pemberdayaan komunitas, pelatihan kerja, dan pengembangan sosial, kurikulum PLS dengan pendekatan OBE memastikan bahwa setiap mata kuliah memberikan pengalaman belajar yang bermakna, kontekstual, dan aplikatif.

