Mahasiswa pendidikan masyarakat melakukan pemberdayaan kepada masyarakat dengan mengolah tanaman daun pucuk merah menjadi teh herbal di Desa Bakaran Batu pada 10 April 2023. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pemberdayaan ini adalah untuk memberikan pemahaman serta penguatan kepada masyarakat setempat agar memiliki kesadaran dan bisa memanfaatkan sebaik mungkin potensi alam yang ada di lingkungan sekitar.
Dalam pelaksanaannya kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dilaksanakan dengan melibatkan anggota masyarakat, khususnya ibu-ibu Posyandu di Dusun V Desa Bakaran Batu. Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan pengolahan pucuk merah menjadi teh herbal, sampai dengan tahap packing produk. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan pemberdayaan dikategorikan cukup tinggi. Ibu-ibu posyandu yang menjadi peserta pelatihan terlihat antusias dan aktif dalam mengikuti setiap tahap kegiatan. Mereka juga berpartisipasi dalam proses pengolahan dan turut berperan dalam mencoba bagaimana rasa dari teh herbal tersebut.
Dampak positif yang telah dicapai melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan tanaman pucuk merah menjadi teh herbal di Desa Bakaran Batu, antara lain: Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat: Melalui pelatihan yang diberikan, ibu-ibu posyandu di Desa Bakaran Batu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengeolahan tanaman pucuk merah menjadi teh herbal. Mereka mampu memahami membuat teh herbal dari tanaman pucuk merah dengan langkah-langkah yang telah disampaikan.
Sebelum adanya kegiatan pemberdayaan, tanaman pucuk merah hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias, setelah melalui pelatihan dan pengolahan menjadi teh herbal, terjadi diversifikasi produk dan peningkatan nilai tambah. Hal ini memberikan peluang bisnis baru dan meningkatkan pendapatan masyarakat secara keseluruhan.
Dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini juga dihadapi beberapa kendala, antara lain: kurangnya kekondusifan peserta dalam mengikuti ataupun mendengar proses pemberdayaan yang diberikan karena pada saat kegiatan pemberdayaan berlangsung, kegiatan posyandu juga ikut turut berlangsung sehingga beberapa peserta yang mengikuti terbagi fokusnya pada dua kegiatan yang berbeda.
Pada akhir kegiatan, Muhammad Irwan Tanjung selaku Kepala Desa Bakaran Batu Lubuk Pakam, mengatakan bahwa “kami bangga ada mahasiswa yang mau memberdayakan masyarakat di Desa kami, semoga kegiatan ini tidak berhenti disini saja, tetapi berkelanjutan”, ujarnya. Beliau juga mengatakan sangat senang bila ada mahasiswa yang berbagi ilmu pengetahuan yang didapat pada perkuliahan, ini membuktikan bahwa mahasiswa tidak hanya dibekali dengan teori saja, namun didorong untuk mempraktikkan teori yang didapat diperkuliahan.
Ibu Friska Indria Nora Harahap selaku dosen matakuliah analisis program pemberdayaan, mengatakan selamat dan sukses untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa pendidikan masyarakat, kami bangga dengan tindakan dan semangat yang tinggi dari mahasiswa sekalian, semoga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, membuktikan bahwa pendidikan masyarakat mempunyai peran penting dalam membangun masyarakat.
Dengan demikian, diharapkan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan tanaman pucuk merah menjadi teh herbal di Dusun V Desa Bakaran Batu dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat.
Author

Write A Comment

SLOT7777SLOT88SLOT THAILANDhttps://server-thailand.pa-kualakurun.go.idhttps://info-rtp-slot.pa-kualakurun.go.idhttps://sinmas.malukutenggarakab.go.id/cache/slot-thailand/https://www.esurat.malukutenggarakab.go.id/cache/slot88/https://sinmas.malukutenggarakab.go.id/cache/slot88/https://www.esurat.malukutenggarakab.go.id/cache/slot-thailand/https://ppid.mahakamulukab.go.id/server/https://ppid.mahakamulukab.go.id/cache/slot/https://ppid.mahakamulukab.go.id/cache/slot88/