Jurusan Pendidikan Masyarakat menyelenggarakan tes minat bakat di Aula Fakultas Ilmu Pendidikan pada hari Jumat/09 Desember 2022. Tes ini diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Masyarakat mulai dari angkatan 2020 hingga 2022. Sebanyak 120 orang mahasiswa mengikuti tes minat bakat yang dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama berlangsung dari pukul 09.00-10.00 WIB, dilanjut dengan sesi kedua yang berlangsung dari pukul 10.00-11.00 WIB.
Tes minat bakat ini sendiri merupakan tes psikologi yang akan mengukur potensi untuk mengetahui minat bakat yang dimiliki mahasiswa sehingga dapat dikembangkan menjadi prestasi. Tes ini dilaksanakan oleh Biro Psikologi Psikodinamika yang merupakan lembaga Psikologi dengan pengalaman melakukan test potensi dan asessment di berbagai perusahaan, instansi pemerintah maupun sekolah. Pimpinan Biro Psikologi Psikodinamika Bapak Fauzi Kurniawan, M.Psi, Psikolog mengatakan bahwa “tes minat bakat ini didasari atas minimnya prestasi mahasiswa Pendidikan Masyarakat, dan tes ini diambil sebagai langkah awal untuk mengatasi keminiman tersebut”.
Berlangsungnya sesi pertama disambut dengan baik oleh Ketua Jurusan Pendidikan Masyarakat Ibu Silvia Mariah Handayani,S.Pd,M.Pd yang mengatakan bahwa “ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan nilai perkuliahan, tes ini diselenggarakan murni untuk mengetahui arah minat bakat mahasiswa sekalian sehingga dapat difasilitasi dengan terbentuknya komunitas berdasarkan pengelompokkan minat bakat sehingga dapat menjadi wadah pengembangan”. Sesi kedua dibuka oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Pendidikan Ibu Kamtini,S.Pd,M.Pd yang sama halnya menyambut dengan baik kegiatan ini dan berharap semoga dapat ditiru oleh jurusan lainnya. “Ini merupakan langkah awal untuk mencetak segudang prestasi mahasiswa, dengan begini menjadi tahu akan dibawa kemana minat bakat mahasiswa dan akan difasilitasi sesuai potensi yang dimiliki”, ujarnya.
Mahasiswa yang mengikuti tes ini merasa sangat antusias karena mereka merasa menjadi tahu “arah” diri mereka akan dibawa kemana. “Dengan hasil dari tes ini dapat menjadi bekal bagi saya sendiri karena saya menjadi tahu harus dibawa dan diarahkan kemana potensi yang saya miliki, sehingga dapat menjadi passion dan mencetak prestasi bahkan berguna untuk kedepannya ketika sudah terjun kedalam lapangan pekerjaan”, ujar Nasywa mahasiswa angkatan 2021. Diharapkan dengan adanya tes minat bakat ini mahasiswa jurusan Pendidikan Masyarakat dapat mengambil tindakan atas potensi dirinya sehingga dapat tersalurkan dengan baik dan tepat serta berpeluang menciptakan dan menorehkan prestasi, terlebih lagi dengan adanya tes minat bakat yang telah diselenggarakan ini dapat menjadi bekal bagi jurusan Pendidikan Masyarakat untuk dibentuknya komunitas-komunitas yang dapat memfasilitasi mahasiswa sesuai dengan potensinya masing-masing sehingga ada kepuasan tersendiri bagi mahasiswa ketika minat dan bakatnya tersalurkan dengan baik dan tepat.
Author

Write A Comment

SLOT7777SLOT88SLOT THAILANDhttps://server-thailand.pa-kualakurun.go.idhttps://info-rtp-slot.pa-kualakurun.go.idhttps://sinmas.malukutenggarakab.go.id/cache/slot-thailand/https://www.esurat.malukutenggarakab.go.id/cache/slot88/https://sinmas.malukutenggarakab.go.id/cache/slot88/https://www.esurat.malukutenggarakab.go.id/cache/slot-thailand/https://ppid.mahakamulukab.go.id/server/https://ppid.mahakamulukab.go.id/cache/slot/https://ppid.mahakamulukab.go.id/cache/slot88/