Dalam rangka memenuhi tugas projek mata kuliah analisis kebutuhan pelatihan dan desain pelatihan yang diampu oleh bapak Dosen Fauzi Kurniawan S. Psi, M. Psi mahasiswa penmas stambuk 2020 melakukan pelatihan pengembangan diri dengan konsep “Aku Istimewa” pada siswa/i SMP di SLB Negeri Autis Medan.
Pelatihan tersebut dilatarbelakangi dengan adanya hasil analisis terhadap kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan oleh siswa/i SMP SLB Negeri Autis Medan, analisis kebutuhan pelatihan tersebut dilakukan dengan cara memberikan beberapa opsi kegiatan pelatihan untuk dipilih, sehingga pada akhirnya, siswa/i SLB Negeri Autis Medan memilih kegiatan pelatihan pengembangan diri dengan konsep “Aku Istimewa”.
Membuat desain pelatihan adalah langkah pertama yang ditempuh oleh mahasiswa Penmas Unimed sebelum akhirnya melakukan kegiatan pelatihan tersebut di hari Jum’at tanggal 02 Desember 2022.
Tujuan pelatihan pengembangan diri dengan konsep “Aku Istimewa” ini adalah untuk membekali para peserta pelatihan yaitu siswa/i SMP SLB Negeri Autis Medan agar lebih terarah, memiliki motivasi diri yang besar, mandiri, serta fokus yang lebih tinggi agar kehidupan bisa berjalan dengan efektif.
Dengan dilaksanakan pelatihan ini, diharapkan siswa/i SMP SLB Negeri Autis Medan yang menjadi peserta pelatihan mampu memaksimalkan segala potensi diri dengan keterbatasan fisik ataupun keistimewaan diri yang dimiliki manusia pada umumnya, sehingga peserta menjadi pribadi yang luar biasa dan mampu bertahan dengan segala tuntunan perubahan. Kegiatan pelatihan ini telah terlaksana dengan baik dan siswa/i SMP SLB Negeri Autis Medan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.
Author

Write A Comment