Dalam rangka meningkatkan gerakan literasi membaca mahasiswa, Prodi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan bedah buku “Parenting Point” dalam acara semarak Penmas yang dilaksanakan pada tanggal 9 November 2022 yang lalu dengan tema “Eksplorasi Kreativitas Mahasiswa, Wujudkan Prestasi di Kampus Merdeka”. kegiatan ini bekerja sama dengan obor pustaka cabang medan yang di selenggarakan di Pelataran FIP UNIMED.
Acara bedah buku dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Prof Yusnadi MS, serta para Wakil Dekan, Dosen Prodi Pendidikan Masyakarat dan para mahasiswa yang mengikuti kegiatan Semarak PENMAS. dalam kegiatan ini dipandu oleh moderator yang merupakan mahasiswa Pendidikan Masyarakat yaitu Sonia Simamora bersama narasumber dari Obor Pustaka yaitu Syahrizal S.Sos.
Syahrizal dalam kesempatannya mempromosikan buku yang saat ini sedang tren dibaca oleh kaum milenial di Pustaka Obor, salah satunya adalah buku “Parenting Point”. Beliau mengatakan bahwa “di Pustaka Obor ada buku yang terkenal dan banyak dibaca oleh kaum milenial, salah satunya adalah buku parenting point,” tandasnya.
Syahrizal juga mengatakan bahwa bedah buku akan dilakukan via zoom bersama dengan penulisnya yang berasal dari Australia. “Hari ini tidak ada diskusi dan tanya jawab tetapi akan beralih melalui zoom yang akan kami informasikan segera. diskusi ini akan langsung dijelaskan oleh penulisnya berasal dari australia,” jelas Syahrizal.
Secara umum kegiatan bedah buku dilakukan dengan sukses dan lancar yang dihadiri lebih dari seratus mahasiswa. walaupun rintik hujan sempat mengguyur di tengah acara, namun peserta masih sangat antusias dalam menyimak hingga diskusi selesai. rasa penasaran mahasiswa pun terlihat ketika mereka bertanya terkait kapan dilakukannya bedah buku melalui via online, mengenai link pendaftaran untuk mengikuti bedah buku melalui via zoom dan sebagainya.
Melihat antusiasme tersebut pihak Obor pustaka mengatakan akan melakukan kerjasama bersama Prodi Pendidikan Masyarakat dalam membuka Peluang Publikasi buku di Pustaka Obor. “Apabila mahasiswa tertarik untuk mengunjungi obor pustaka maka kami dengan segenap hati melayani serta kami juga memberikan peluang untuk bekerja sama dalam publikasi buku bersama Dosen Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan,” harapnya.
Hal tersebut disambut baik oleh Dr. Sudirman SE, M.Pd selaku Ketua Jurusan Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan. “Ayo mahasiswa, tingkatkan literasi dengan membudayakan membaca. seorang mahasiswa harus memiliki literasi membaca yang tinggi terkhusus bidang Pendidikan. Pihak Obor Pustaka telah memberikan kesempatan kepada kita untuk bisa mendapatkan dan membaca buku di Obor Pustaka. maka ini kesempatan kita dalam meningkatkan gerakan literasi membaca,” ungkap Dr. Sudirman SE, M.Pd.
Selaras dengan penjelasan Syahrizal S.Sos dalam memberi kesempatan Dosen Pendidikan Masyarakat untuk publikasi buku di Obor Pustaka. “Adanya peluang kerjasama ini diharapkan bisa membuka kesempatan para penulis buku yang sebelumnya sulit dalam mempublikasikan sebuah buku sehingga sekarang kami bisa menjadi medianya,” jelas Syahrizal S.Sos.
“Saya sangat antusias terhadap seminar bedah buku Parenting point ini mengingat bahwa saat ini para orang tua sulit memahami bagaimana cara mengasuh yang baik dan benar di era saat ini. saya berharap segera untuk melakukan bedah buku Parenting Point melalui via zoom. saya juga berharap semoga acara ini dapat berlanjut dan bisa terus memberikan kesempatan dalam membedah buku yang sesuai di era milenial saat ini,” ungkap Rizky, mahasiswa Pendidikan Masyarakat.
Acara terakhir yaitu kegiatan penyerahan cindera mata dari Pustaka Obor kepada 3 buku kepada 3 orang penanya, 1 buku untuk moderator dan 1 buku untuk bidang acara dalam Semarak PENMAS. Diharapkan melalui acara bedah buku ini dapat meningkatkan minat mahasiswa serta masyarakat dalam membaca buku melalui buku buku yang disesuaikan dengan kebutuhan milenial. Diharapkan pula hal ini dapat menjadi sumber pembelajaran generasi muda Indonesia, sehingga mereka dapat turut serta berpartisipasi dalam proses pembangunan untuk memajukan Indonesia melalui literasi membaca buku.
Author

Write A Comment