Acara puncak Semarak Nasional Pendidikan Masyarakat Tahun 2022 dengan tema “Eksplorasi Kreativitas Mahasiswa, Wujudkan Prestasi di Kampus Merdeka” pada tanggal 09 November 2022 di Pelataran FIP Unimed berlangsung dengan sangat baik. Salah satu rangkaian kegiatannya adalah dialog interaktif. Prodi Penmas pada rangkaian kegiatan dialog interaktif ini bekerjasama dengan Sekretaris Forum Komunikasi (FK) PKBM Sumatera Utara yaitu Bapak Indra Prawira,ST sebagai narasumber. Dialog interaktif ini juga dihadiri oleh Bapak Ismail Marzuki Siregar MAP selaku Kepala Bidang Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan Kota Medan dan Bapak Sarwo Edy selaku Kapokja Kemitraan dari Balai Besar Guru Penggerak. Rangkaian kegiatan dialog interaktif ini dipandu oleh Aisyah Anggreni, mahasiswi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan.
Rangkaian kegiatan ini dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa. Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Bapak Prof.Yusnadi,MS; WD I Ibu Nani Barorah Nasution S.Psi., M.A., Ph.D; WD II Ibu Dr. Zuraidah Lubis M.Pd., Kons.; dan WD III Ibu Kamtini S.Pd., M.Pd; Ketua Jurusan Pendidikan Masyarakat Bapak Dr.Sudirman,S.E,M.Pd beserta para dosen Pendidikan Masyarakat juga hadir menyaksikan dialog interaktif ini dengan tema “Inovasi Pendidikan Masyarakat di Era Digital”. Tidak kalah antusias, para mahasiswa Pendidikan Masyarakat juga membanjiri Pelataran FIP Unimed untuk menyaksikan dialog interaktif dengan tema yang sangat berguna bagi mahasiswa sebagai calon praktisi Pendidikan Masyarakat. Tidak dapat dipungkiri, mahasiswa diluar jurusan Pendidikan Masyarakat juga ikut antusias menghadiri rangkaian kegiatan dialog interaktif ini.
Dalam dialog interaktifnya, Bapak Indra Prawira,ST menyatakan beberapa inovasi yang hadir di PKBM yang ia kelola saat ini yaitu PKBM Generasi Amanah. Salah satu yang menarik adalah inovasi tutor keliling. Tutor keliling hadir sebagai pendidik bagi anak-anak dirumah tahfidz. “Tutor keliling ini hadir atas dasar kebutuhan anak-anak dirumah tahfidz, karena mereka tidak bisa datang langsung untuk belajar di PKBM, maka kita hadirkan tutor keliling, tutornya yang datang kerumah tahfidz untuk mengajari anak-anak yang ikut paket kesetaraan di PKBM Generasi Amanah” ujarnya. Hal ini ditanggapi dengan begitu positif oleh Dika Dona Syahputra selaku salah satu mahasiswa Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan, Dika mengatakan bahwa “Ini keren sekali, bisa menjadi inspirasi saya kedepannya sebagai calon praktisi Pendidikan Masyarakat, analisis kebutuhannya benar-benar ada disana, atas dasar analisis kebutuhan itulah dihadirkan inovasi dan itu begitu keren sekali” ungkapnya.
Author

Write A Comment