Deli Serdang – Dosen Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan melakukan penelitian dasar kepada warga belajar di PKBM Laskar Pelangi Desa Tanjung Rejo, Kabupaten Deli Serdang pada 4 Juni 2022 sampai dengan 2 Juli 2022. Kegiatan peneltiian ini bertujuan untuk menumbuhkan minat belajar kembali bersekolah anak pesisir pantai di daerah Percut Sei Tuan dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif berdasarkan perkembangan teknologi di era digital ini. Rendahnya minat belajar siswa sering menjadi masalah dari keefektifan siswa dan pengajar melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah / kursus maupun lembaga pendidikan lainnya, upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui kegiatan pengembangan media pembelajaran interaktif memberikan beragam inovasi dalam membuat media pembelajaran di bidang pendidikan. Dengan pengembangan media pembelajaran interaktif yang ditampilkan mulai dari media gambar, interaktivitas, video, teks, dan animasi yang lebih praktis, fleksibel, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Program pengabdian masyarakat dengan melibatkan Fauzi Kurniawan, S.Psi., M.Psi, Anifah, S.Sos, M.Pd dan Jubaidah Hasibuan, S,Pd., M.Pd selaku sivitas akademika dari jurusan Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan ini memberikan pengetahuan kepada anak-anak pesisir di PKBM Laskar Pelangi, kelurahan Percut Sei Tuan mengenai penggunaan media pembelajaran interaktif dengan tema mengenal bahasa daerah, cuaca, makanan tradisional daerah, rumah tradisional, provinsi dan ibukota di Indonesia sebagai kegiatan untuk meningkatkan minat belajar kembali bersekolah.

Di masa pandemi virus corona ini dengan adanya perubahan metode pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya membuat para siswa atau warga belajar cenderung merasa nyaman dan terbiasa dengan pembelajaran daring sehingga minat belajar para siswa atau warga belajar akan menurun untuk belajar di sekolah dengan adanya kebiasaan yang sudah lama tidak dilakukan di luar rumah, ada juga beberapa faktor yang menyababkan kurangnya minat belajar anak pesisir pantai seperti kurangnya dukungan orangtua, kondisi ekonomi yang sulit, akses menuju lokasi belajar, dan tentunya minimnya fasilitas dalam pengajaran seperti belum adanya media pembelajaran yang dapat memberikan semangat belajar. Hal ini memotivasi para dosen dan mahasiswa Pendidikan Masyarakat FIP Unimed untuk melakukan pengembangan media pembelajaran interaktif bagi anak-anak pesisir pantai di PKBM Laskar Pelangi Percut Sei Tuan agar dapat menumbuhkan minat dalam belajar kembali bersekolah sehingga proses belajar dapat efektif dan menyenangkan.

Media pembelajaran interaktif yang dirancang akan menyesuaikan dengan kebutuhan para warga belajar sesuai dengan materi yang diberikan atau yang telah ditentukan. Banyak media pembelajaran interakif yang dapat dirancang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini, hal ini juga bertujuan untuk membuat anak-anak pesisir pantai teknologi. Dalam suatu proses belajar mengajar ada dua unsur yang saling berkaitan yaitu metode pembelajaran dan media pembelajaran. Media pembelajaran yang diciptakan dengan lebih menarik tentunya akan membantu para siswa dalam meningkatkan minat belajar khususnya pada anak pesisir pantai yang kita ketahui sangat memerlukan sekali dukungan dalam peningkatan minat belajar.

Media pembelajaran itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu alat bantu yang digunakan pada proses pembelajaran, dengan adanya media dimaksudkan dapat mempermudah dalam menyampaikan materi ajar dari tenaga pengajar kepada warga belajar. Upaya yang dilakukan dalam proses pengembangan media pembelajarn interaktif ini, tidak hanya melihat dan mendengar saja, tetapi juga dapat berinteraksi langsung dengan media pembelajaran yang telah dirancang sebelum pembelajaran dimulai.

Melalui kegiatan pengembangan media pembelajaran interaktif ini diharapkan dapat dijadikan media dalam proses belajar-mengajar kepada warga belajar sehingga dapat meningkatkan minat belajar anak pesisir pantai kembali bersekolah yang nantinya dapat dijadikan sebagai modal dasar bagi warga belajar untuk dapat meraih prestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Author

Write A Comment

SLOT7777SLOT88SLOT THAILANDhttps://server-thailand.pa-kualakurun.go.idhttps://info-rtp-slot.pa-kualakurun.go.idhttps://sinmas.malukutenggarakab.go.id/cache/slot-thailand/https://www.esurat.malukutenggarakab.go.id/cache/slot88/https://sinmas.malukutenggarakab.go.id/cache/slot88/https://www.esurat.malukutenggarakab.go.id/cache/slot-thailand/https://ppid.mahakamulukab.go.id/server/https://ppid.mahakamulukab.go.id/cache/slot/https://ppid.mahakamulukab.go.id/cache/slot88/