Dalam rangka menyusun Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Perkuliahan Tahun 2022 untuk menyambut Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Prodi Penmas FIP Unimed melibatkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Binjai Utara pada tanggal 18 Januari 2022. PKBM menjadi sentral dalam mengembangkan kompetensi baru ditengah masyarakat di era digital saat ini. Peran PKBM yang terus konsisiten dalam memenuhi kebutuhan belajar masyarakat dinilai relevan dengan kompetensi lulusan program studi pendidikan luar sekolah. Kegiatan ini dibuka dengan paparan evaluasi kinerja jurusan pada semester ganjil 2021/2022 oleh Sekretaris Jurusan Fauzi Kurniawan,S.Psi,M.Psi. Dalam paparan tersebut Program Studi Pendidikan Masyarakat secara keseluruhan mendapatkan hasil yang sangat baik, namun ada beberapa hal yang menjadi fokus pada semester genap kali ini yang menjadi bahan utama dari pelaksanaan kegiatan ini. Salah satu alasan yang menjadikan Pendidikan Masyarakat berhasil mendapatkan evaluasi kinerja yang sangat baik yaitu karena pada setiap awal semester selalu melibatkan stakeholder atau mitra dari Program Studi Pendidikan Masyarakat yang salah satunya adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).
Hal tersebut senada dengan pengarahan dari Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof.Dr.Yusnadi,MS yang menyatakan bahwa agar Prodi Pendidikan Masyarakat terus membangun hubungan berkesinambungan antara prodi dengan stakeholder dalam mengembangkam kurikulum prodi agar sesuai dengan kebutuhan perkembangan masyarakat. Mengingat bahwa CP perkuliahan merupakan hal penting yang akan dinilai oleh Lembaga Akreditasi Pendidikan (Lamdik) dalam proses akreditasi apakah prodi melibatkan pengguna dalam mengembangkan kurikulum. Bahwasannya, RPS harus diperkaya dengan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang akan menghasilkan sumber belajar terbaru. Maka kegiatan ini sangat relevan dilaksanakan. Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian penyusunan RPS sesuai dengan format SN Dikti oleh Ketua Jurusan Pendidikan Masyarakat Dr.Sudirman,S.E,M.Pd beliau berpendapat bahwa dalam penyusunan RPS perlu kiranya memperhatikan tagihan-tagihan tugas mahasiswa yang dipadukan dengan model atau metode case method yang akhirnya adalah tugas mahasiswa berbentuk 6 tugas KKNI. Selain itu, kegiatan ini juga dilanjutkan dengan penyampaian masukan-masukan dari stakeholder terutama dari perwakilan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cahaya dan PKBM Budi Utomo yang menyampaikan aspirasi bahwa selama ini kerjasama PKBM dengan Program Studi Pendidikan Masyarakat berjalan dengan sangat baik.
Oleh karena itu, hubungan baik ini memang harus terus dilanjutkan dan PKBM mengharapkan kedepannya terutama di tahun 2022 ini Program Studi Pendidikan Masyarakat dapat memberikan bantuan untuk pengembangan situs atau website PKBM agar program-program yang dilaksanakan PKBM dapat dinikmati oleh masyarakat yang lebih luas dan tidak hanya di satu daerah namun dari berbagai daerah karena sudah memiliki website yang mempermudah akses. Kedepannya, Progran Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan akan terus menyelenggarakan kegiatan dengan melibatkan para stakeholder atau mitra program studi agar pengembangan-pengembangan yag dilakukan relevan dengan kebutuhan lapangan pekerjaan, dunia industri pendidikan, dan dunia usaha.
Author

Write A Comment

SLOT7777SLOT88SLOT THAILANDhttps://server-thailand.pa-kualakurun.go.idhttps://info-rtp-slot.pa-kualakurun.go.idhttps://sinmas.malukutenggarakab.go.id/cache/slot-thailand/https://www.esurat.malukutenggarakab.go.id/cache/slot88/https://sinmas.malukutenggarakab.go.id/cache/slot88/https://www.esurat.malukutenggarakab.go.id/cache/slot-thailand/https://ppid.mahakamulukab.go.id/server/https://ppid.mahakamulukab.go.id/cache/slot/https://ppid.mahakamulukab.go.id/cache/slot88/