Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun 2021,Prodi Pendidikan Masyarakat menyelenggarakan Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB), 13 Agustus 2021 secara online. Kegiatan PAMB ini dilakukan lewat platform digital berupa zoom dan live streaming dari youtube prodi Penmas Unimed.

Dilangsungkannya kegiatan Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) 2021 tersebut dalam rangka memberikan pengenalan kepada mahasiswa baru tentang Lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan terkhusus untuk Prodi Pendidikan Masyarakat. Pengenalan yang dilakukan dimulai dari doa, kata sambutan dari pihak ketua jurusan beserta jajarannya, pengenalan dosen-dosen Penmas, hingga pengenalan proses pembelajaran yang akan dilakukan.

Kata sambutan yang pertama diberikan oleh sdr. Zulfadli Putra Rizki selaku ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Masyarakat, yang disusul kata sambutan yang kedua oleh Dr. Sudirman, SE, M.Pd selaku ketua jurusan Pendidikan Masyarakat.

Pembekalan Awal Mahasiswa Mahasiswa Baru Pendidikan Masyarakat ini dipandu oleh seorang moderator yang merupakan mahasiswi dari jurusan Pendidikan Masyarakat itu sendiri yaitu sdri Raras Firdarianti.

Adapun acara selanjutnya, setelah kata sambutan dan doa, ditengah-tengah kegiatan diselipkan ice breaking guna mengatasi kebosanan partisipan yang bergabung. Ice breaking dalam kegiatan PAMB tersebut dipandu oleh sdri. Yuni Lubis selaku mahasiswi Pendidikan Masyarakat. Ice breaking tersebut berisi menyambungkan satu kata yang disebutkan dengan sebuah lagu. Ice breaking ini berfungsi untuk merangsang dan memacu keberanian para mahasiswa baru untuk tampil didepan umum sekaligus mengetahui potensi tersembunyi dari mahasiswa-mahasiswa baru Pendidikan Masyarakat. 

Selain itu, dalam proses pengenalan, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Masyarakat juga menampilkan video seputar kegiatan yang dilakukan prodi pendidikan masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Setelah penayangan video dokumentasi profil jurusan Pendidikan Masyarakat tersebut, acara selanjutnya adalah Pembekalan Mahasiswa berupa materi seputar prodi Pendidikan Masyarakat yang disampaikan oleh Fauzi Kurniawan,S.Psi,M.Psi selaku sekretaris jurusan Pendidikan Masyarakat. 

Pembekalan tersebut merupakan pembekalan terkait dengan seputar ruang lingkup Pendidikan Masyarakat yang terdiri dari apa itu Pendidikan Masyarakat, visi misi, tujuan, profil lulusan, memperkenalkan tenaga pendidik yang ada di Pendidikan Masyarakat Unimed, capaian prestasi mahasiswa Pendidikan Masyarakat, lapangan pekerjaan Pendidikan Masyarakat, etika mahasiswa, memperkenalkan seputar tugas KKNI yang terdiri dari 6 tugas, memperkenalkan bagaimana kebijakan MBKM, pilihan mitra dan kerja sama LPTK untuk kegiatan luar prodi di PT, memberitahu informasi seputar metode dan platform digital dalam pembelajaran secara online, serta seputar mata kuliah yang akan diambil setiap semesternya.

Setelah materi pembekalan disampaikan, kegiatan selanjutnya adalah testimoni dari alumni Pendidikan Masyarakat yang disampaikan oleh Lestari Pardosi,S.Pd. Selanjutnya dilakukanlah sesi tanya jawab seputar apa yang belum dipahami oleh mahasiswa baru terhadap jurusan Pendidikan Masyarakat. Dan kegiatan PAMB ini ditutup dengan pembekalan terkait Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Masyarakat.

Write A Comment