Ikaplusdikmas Unimed (Ikatan Alumni Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Masyarakat) mendorong alumni Pendidikan Luar Sekolah mengambil peluang CPNS yang dibuka di seluruh Indonesia. Dengan menggelar Webinar Nasional, Ikaplusdikmas mencoba menakar peluang peluang CPNS bagi lulusan PLS melalui virtual zoom meeting dan streaming youtube pada Sabtu, (10/7).

Adapun yang menjadi narasumber diantaranya Patimah Rambe, S.Pd. (ASN BKKBN Prov. Sumatera Selatan), Lilis Swarni Nainggolan, S.Pd. (ASN SPNF SKB Wilayah I Kota Padang) dan Mahfuzi Irwan, M.Pd. (Dosen PLS/Penmas Unimed). Dengan moderator Ridwansyah Sihombing, S.Pd. (Pendamping PKH Kemensos RI).

“Peranan alumni yang telah sukses menjadi ASN, dalam berbagi pengalaman dan tips lulus CPNS sangat membantu bagi teman-teman yang akan mengikuti seleksi CPNS. Persiapan mengikuti SKD, SKB dan Wawancara sudah pernah dilalui mereka. Setelah mengikuti acara ini, diharapkan kita memahami gambaran dan strategi bagaimana menakar peluang kelulusan di sebuah instansi, khususnya bagi formasi PLS. Jurusan PLS ini sangat unik berbeda dengan jurusan pendidikan lainnya. PLS Unimed sendiri, satu-satunya prodi yang ada di Provinsi Sumut dan Aceh (Sumbagut). Seleksi CPNS ini juga menjadi ajang reunian bagi lulusan PLS. Peluang kita jauh lebih besar tahun ini karena sebanyak 92 formasi untuk PLS tersebar di Indonesia yang bisa kita lamar. Kegiatan ini juga untuk memantabkan alumni PLS dalam persiapan diri dan menentukan pilihan instansi yang akan dilamar,” ujar Eko Haryanto, S.Pd. selaku Ketua Umum Ikaplusdikmas Unimed.

Sebagai seorang alumni, Lilis Nainggolan berharap agar para alumni dapat bersama-sama saling berbagi informasi. Tidak pelit ilmu dan saling menguatkan. Jangan jadikan sesama alumni saingan/rival, tetapi jadilah teman yang solid. Siapapun nantinya yang lulus, tetap menjadi bagian keluarga besar alumni, dan bisa menjadi perwakilan alumni di daerah masing-masing. Persiapkan diri masing-masing, teguh dalam berdoa dan usaha yang gigih. Semoga tahun ini banyak lulusan PLS yang lolos seleksi CPNS.

Sementara Patimah Rambe, S.Pd. mengatakan agar tidak buru-buru menentukan pilihan formasi CPNS. Pastikan peluangnya lebih besar dan pilihlah formasi sesuai jurusan yang dibutuhkan. Ia juga berpesan agar para alumni dan calon peserta CPNS dengan tenang dan tidak mudah percaya dengan berita hoax. Pastikan informasinya kepada panitianya langsung jika mengalami kendala pada persyaratan. Seringlah berlatih dan mengerjakan soal-soal yang banyak bisa dipelajari dari internet, pengalaman yang sudah lulus CPNS dan buku-buku SKD. Karena pada intinya, peluang menjadi besar jika kita siap dan tidak mudah menyerah.

Selaku Dosen PLS Unimed, Mahfuzi Irwan, M.Pd. pada pemaparannya juga menyampaikan peluang pada sektor lulusan S2 dan juga pengalaman mengikuti seleksi CPNS, Peluang Dosen PLS, dan tips mengikuti seleksi CPNS dari tahap awal administrasi sampai akhir. Ia juga berpesan agar para alumni segera membuat akun CPNS dikhawatirkan nantinya akan terkendala dalam jaringan ataupun terburu-buru dalam mempersiapkan berkas persyaratan. Bacalah dengan teliti persyaratan yang diminta, sebelum memilih formasi hendaknya berdiskusi dengan keluarga, mantapkan pilihan formasi, optimis dalam menghadapi seleksi CPNS, banyak berlatih mengerjakan soal dan perkuat niat untuk bisa lulus seleksi CPNS tahun ini. (EO)

Author

Write A Comment