Dalam rangka peningkatan kualitas lulusan dan pengembangan kurikulum menuju akreditasi unggul Prodi Pendidikan Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan Feedback Instrumen Suplemen Konversi (ISK) pada hari pada selasa 6 juli 2021 pukul 10.00 WIB. Kegiatan tersebut dihadiri berbagai lembaga mitra prodi penmas dan alumni. Lembaga mitra yang hadir pada kegiatan tersebut antara lain Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Budi Utomo (Binjai), PKBM Cahaya (Binjai), PKBM Laskar Pelangi (Deli Serdang), PKBM Generasi Amanah (Deli Serdang), BP PAUD DIKMAS Sumatera Utara, Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Medan, SKB Kabupaten Serdang Bedagai. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh beberapa alumni PLS/PENMAS Unimed (IKAPLUSDIKMAS) yang berasal dari berbagai daerah dan Instansi seperti SKB Kota Padang, BKKBN Sumatera Selatan, Adzkia Learning Center dan Perwakilan Pendamping Keluarga Harapan (PKH) serta seluruh dosen prodi penmas unimed.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Masyarakat Dr.Sudirman,SE,M.Pd yang dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kesediaan para alumni dan lembaga mitra yang sudah hadir dan menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan tersebut dilaksanakan. Beliau menambahkan bahwa “kegiatan ini sengaja kita lakukan dalam rangka pencapaian akreditasi prodi penmas unggul meskipun sekarang akreditasi prodi sudah mendapat akreditasi A, namun proses konversi akreditasi prodi memang harus dilakukan beberapa waktu kedepan dnegan target prodi penmas terakreditasi unggul” oleh karena itu mewakili prodi Dr.Sudirman,SE,M.Pd menyampaikan harapannya agar semua stakeholder prodi penmas dapat menyumbangkan gagasan, masukan/saran kepada prodi melalui kegiatan sosialisasi dan feedback instrumen secara berkelanjutan.

Inti kegiatan tersebut diisi oleh pemaparan singkat tentang akreditasi ISK oleh ketua pelaksana kegiatan Fauzi Kurniawan,S.Psi,M.Psi yang menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan instrumen suplemen konversi berbasis website melalui curah pendapat dan masukan antara alumni, stakeholder dan dosen, kemudian melalui kegiatan ini diharapkan sinergitas alumni dan program studi semakin baik terutama dalam hal pendataan alumni, diharapkan jumlahnya semakin bertambah dan kualitas kemitraan prodi dengan stakeholder meningkat melalui kegiatan yang membawa manfaat bagi kedua belah pihak. Setelah pemaparan tentang akreditasi kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pengisian instrumen ISK berbasis Web oleh Mahfuzi Irwan,S.Pd,M.Pd dosen penmas unimed yang menjelaskan teknis pengisian instrumen dapat dilakukan melalui website prodi penmas unimed (https://Penmas.unimed.ac.id). ada 3 instrumen yang harus diisi oleh lembaga mitra, alumni maupun dosen yaitu instrumen tracer study & pengguna lulusan, masukan kurikulum dan form tri dharma dosen. Ketiga instrumen tersebut akan digunakan untuk pengembangan kurikulum prodi penmas dan penyusunan dokumen akreditasi ISK.

Menjelang akhir kegiatan, prodi penmas mendapatkan banyak masukan dan saran dari berbagai lembaga mitra dan alumni yang hadir. Masukan dan saran tersebut terkait peningkatan kualitas lulusan yang difokuskan pada kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa penmas kedepannya sehingga relevan dengan dunia kerja. Tidak hanya itu para alumni dan lembaga mitra juga memberikan masukan terhadap konten instrumen yang sedang dikembangkan berbasis web.

Di akhir acara, Fauzi Kurniawan,S. Psi,M.Psi mengucapkan terima kasih atas masukan dan saran yang diberikan kepada prodi dan berharap semua pihak yang hadri tidak bosan memberikan masukan demi pengembangan prodi dan peningkatan kualitas kemitraan serta berharap pengembangan instrumen akreditasi ISK berbasis Web ini segera rampung agar dapat disosialisasikan secara luas dan merata pada seluruh stakeholder prodi penma unimed. (M.I.S)

Write A Comment