Seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) yang telah dibuka dan disambut antusiasme yang tinggi oleh masyarakat terkhusus para lulusan/alumni dan Tenaga Honorer.

Dalam rangka mempersiapkan masyarakat dalam merebut kursi ASN, Alumni Ikatan Alumni Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan (IKAPLUSDIKMAS UNIMED) mengambil momen seleksi CPNS/PPPK ini sebagai langkah untuk memberikan informasi dan berbagi strategi jitu lulus seleksi CPNS untuk para alumni Unimed serta para masyarakat umum yang akan mendaftar seleksi CPNS/PPPK dan sekolah kedinasan tahun ini, dengan mengadakan Webinar “Strategi Lulus CPNS/PPPK dan Sekolah Kedinasan” melalui virtual zoom dan live streaming youtube pada Kamis, (17/6).

Selaku Ketua Ikaplusdikmas Unimed, Eko Haryanto, S.Pd. menyampaikan “Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh Indonesia yang awalnya kita tujukan untuk para alumni, namun karena ini kebutuhan nasional maka kami membuat pendaftaran Online secara masif pada tanggal 8 -16 Juni 2021, alhamdulillah banyak yang antusias.”

“CPNS/PPPK dan Sekolah Kedinasan memang sangat dinanti-nanti dan ditunggu oleh para alumni dan Jobseker lainnya. Pemerintah berencana membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara di tahun 2021 total sebanyak 707.622 formasi. Menurut agenda sebenarnya bulan ini sudah keluar semua formasinya, namun diundur kembali hingga bulan Juli 2021. Nah kita tunggu saja, mudah-mudahan segera dibuka dan sesuai dengan jurusan/keahlian kita. Sembari menunggu, tak ada salahnya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi tes seleksi CPNS/PPPK dan Kedinasan, ” ungkapnya.

“Kita mengundang narasumber yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya seperti Feriyansyah, M.Pd (Dosen FIP Unimed/Alumni Unimed) dan Adi Syahputra Nasution, S.Pd (Konsultan Pendidikan Adzkia/Alumni PLS Unimed) dan di Moderatori oleh Lilis Swarni Naninggolan, S.Pd (Alumni PLS Unimed/Pamong Belajar Kota Padang).”

Dalam paparannya, Dosen Unimed Feriyansyah, M.Pd. menjelaskan “Alur sistem seleksi calon ASN Saat seleksi administrasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni: Ketentuan Pengadaan PNS, Ketentuan Umum Tambahan, Kebutuhan Akreditasi, Jenis Kebutuhan CPNS, Persyaratan Kebutuhan CPNS, Ketentuan SKD PNS, Materi SKD PNS, Bentuk/ Jenis SKB tambahan PNS dan Pengolahan Nilai Akhir seleksi.”

Disisi lain Adi Syahputra Nasution, S.Pd. menambahkan “materi yang tidak jauh berbeda namun hal yang di sampaikan secara detail dan bermanfaat, mengenai perbedaan dan persamaan CPNS/PPPK, Pengertian CPNS dan PPPK, Persyaratannya, Tahapan Seleksinya, Pasing Grade atau ambang batas nilai terendah dan undang-undang terbaru kemenpanRB.”

Terakhir Adi Syahputra berpesan agar calon peserta CPNS/PPPK menyiapkan syarat-syaratnya, ketahui materi seleksinya, serta selalu update informasi.

Sebagai penutup, Ketua Ikaplusdikmas Unimed berharap para pejuang CPNS/PPPK dan Sekolah Kedinasan agar lebih giat dan optimis supaya bisa lulus di tahun ini,”ucap Eko. (PLS/PENMAS)

Author

Write A Comment